Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perilaku yang Bisa Membuat Rem Blong

Setyo Adi Nugroho - Senin, 24 April 2017 | 07:53 WIB
Tabrakan beruntun terjadi di Jalan Raya Puncak, Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/4/2017).
KOMPAS.com / Ramdhan Triyadi Bempah
Tabrakan beruntun terjadi di Jalan Raya Puncak, Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/4/2017).

Jakarta, Otomania.com – Belakangan ini permasalahan rem blong ramai dibahas di media sosial. Ini dimulai dari kejadian kecelakaan di jalur Puncak yang melibatkan 13 kendaraan dan merenggut korban jiwa, Selasa (22/4/2017) lalu.

Permasalahannya adalah, kejadian yang disebut rem blong, baik di bus atau mobil penumpang, tidak begitu saja terjadi dengan mudah. Ada perilaku yang membuat mobil sampai tidak memiliki fungsi pengereman.

“Rem blong bisa terjadi karena kita tidak pernah periksa secara berkala kondisi mobil kita. Bahkan, misalnya pengemudi memiliki kebiasaan rem mendadak yang membuat kampas rem cepat habis, jika servis berkala rutin akan ketahuan sebelum rem bermasalah,” ucap Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM), saat dihubungi, Minggu (23/4/2017).

Hal senada diungkapkan Agit Prasetya, Mekanik Datsun, yang mengungkapkan tidak ada perilaku dalam berkendara yang bisa membuat rem blong. Paling berpengaruh adalah seberapa rajin pemilik mobil membawa kendaraannya untuk servis rutin.

“Misal saat pengereman ada bunyi seperti gesekan besi sebagai indikasi kampas rem habis. Perlu dibawa ke bengkel tapi pemilik mobil tidak melakukannya, jelas harus siap menerima masalah dalam pengereman nantinya,” ucap Agit di waktu yang sama.

"Biasanya ada gejala yang bisa dirasakan pengemudi bila rem berkurang kinerjanya. Nah ini harus segera dilakukan pengecekan.Pokoknya jangan main-main sama rem karena sangat vital," tambah Iwan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa