Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wajib Paham, Langkah Darurat Saat Rem Blong

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 23 April 2017 | 08:42 WIB
Kecelakaan beruntun yang melibatkan sejumlah kendaraan di Jalur Puncak, Megamendung, Bogor, Sabtu (22/4/2017), menyebabkan sejumlah orang tewas.
TRIBUNNEWSBOGOR.COM/NAUFAL FAUZY
Kecelakaan beruntun yang melibatkan sejumlah kendaraan di Jalur Puncak, Megamendung, Bogor, Sabtu (22/4/2017), menyebabkan sejumlah orang tewas.

Jakarta, Otomania.com - Kecelakaan yang terjadi di kawasan Megamendung, Puncak, mengejutkan, terjadi Sabtu (22/4/2017). Kejadian bermula dari sebuah bus pariwisata yang tidak dapat menghentikan lajunya, akibat rem blong, lalu menabrak kendaraan di sekitarnya. Total kendaraan yang terlibat mencapai 13 unit, menyebabkan setidaknya empat korban jiwa dan belasan luka-luka.

Sebenarnya apa yang bisa dilakukan dalam keadaan darurat kondisi rem tidak berfungsi terutama pada mobil penumpang?

Dolf Valentino, kepala bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta, mengatakan, dalam keadaan darurat pengemudi harus menggunakan segala cara untuk dapat mengurangi kecepatan mobil sampai akhirnya berhenti.

“Jika rem gagal bekerja pengemudi masih punya pilihan lain untuk memperlambat laju kendaraan. Ada opsi engine break dan rem parkir,” ucap Dolf.

Opsi engine break dilakukan dengan menggunakan gigi terendah untuk mengurangi laju mobil. Jika mobil bergerak, jangan pernah berpindah menggunakan gigi transmisi melebihi gigi pertama. Pindahkan dari gigi tertinggi ke gigi pertama, secara bertahap, perlahan-lahan.

Penggunaan rem tangan jadi opsi kedua. Tahan tombol rem tangan agar roda mobil tidak terkunci dan perlahan-lahan kurangi kecepatan sembari mengarahkan kendaraan menuju jalur yang aman. Tarik dan turunkan tuas berkali-kali menyesuaikan laju kendaraan.

“Jangan panik. Usahakan terus menggunakan dua opsi tadi hingga mobil berhenti. Dalam kondisi darurat mau tidak mau arahkan ke bagian jalan yang dapat mengurangi laju mobil seperti pembatas jalan atau parit,” ucap Dolf.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa