Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perbaikan Sistem Rem Motor Setelah Banjir

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 23 Februari 2017 | 15:51 WIB
Ilustrasi rem tromol pada sepeda motor
WeLoveHonda
Ilustrasi rem tromol pada sepeda motor

Jakarta, Otomania.com – Sistem rem di sepeda motor menjadi perangkat penting saat berkendara. Sayangnya saat hujan, terutama yang dalam perjalanan kerap terendam air atau mencoba menerabas genangan air, dapat membuat rem bermasalah.

“Kerapnya yang sistem tromol meski di sistem cakram juga bisa. Setelah hujan deras, dibiarkan atau saat terendam banjir, itu kinerjanya berkurang. Ada baiknya pemilik motor melakukan pengecekan,” ucap Sriyono, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Langkah pertama yang dilakukan pemilik motor adalah mencuci sepeda motornya. Sebabnya, air hujan biasanya membawa kotoran yang menempel di permukaan rem. Pencucian ini akan melunturkan kotoran yang menempel di permukaan rem.

Untuk yang terendam banjir, biasanya rem tromol akan mengunci. Ini karena permukaan kampas rem basah karena air sehingga menempel di rumah rem akibatnya motor susah bergerak.

Langkah perbaikannya, setelah membersihkan sepeda motor adalah dengan membongkar rem dan membersihkannya satu per satu. Atau jika belum bisa membongkar bagian rem, cukup memainkan rem sambil motor berjalan untuk mengeringkan ruangan tromol juga permukaan kampas rem.

“Jangan lupa bila terkena banjir baiknya bawa segera ke bengkel terdekat untuk diperiksa secara keseluruhan. Ini agar tidak ada kerusakan lain yang bisa mengganggu kinerja motor,” ucap Sriyono

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa