Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hadapi Banjir, Cek Lagi Asuransi Kendaraan

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 23 Februari 2017 | 08:45 WIB
Caption : Luapan Kali Ciliwung memutus jalur kendaraan di Jalan KH Abdullah Syafiie, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2014). Luapan kali mulai menggenangi permukiman dan memutus jalan sejak Senin dini hari. KOMPAS/AGUS SUSANTO
AGUS SUSANTO
Caption : Luapan Kali Ciliwung memutus jalur kendaraan di Jalan KH Abdullah Syafiie, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2014). Luapan kali mulai menggenangi permukiman dan memutus jalan sejak Senin dini hari. KOMPAS/AGUS SUSANTO

Jakarta, Otomania.com – Cuaca hujan diperkirakan masih akan berlangsung selama beberapa waktu ke depan. Melihat peristiwa banjir yang terjadi di beberapa wilayah, mungkin ini saatnya bagi pemilik mobil untuk memperhatikan pentingnya asuransi perlindungan kendaraan.

Beberapa kasus memperlihatkan pemilik mobil lantas percaya dengan asuransi yang terdapat di kendaraan mereka dengan sebutan asuransi all risk. Padahal belum tentu asuransi ini sudah termasuk perlindungan terhadap banjir.

“Paling penting memang memastikan asuransinya sudah terdapat perlindungan terhadap pertanggungan banjir atau tidak. Untuk banjir ini masuk perluasan jaminan,” ucap Iwan Pranoto, Marketing Communication and Public Relation Head Asuransi Astra, Rabu (22/2/2017).

Banjir dikategorikan sebagai peristiwa act of God, termasuk kejadian bencana alam seperti badai, gempa dan tanah longsor. Pemilik kendaraan tidak mengetahui waktu akan terjadi peristiwa alam atau bersiap diri untuk menghadapinya.

Oleh karena itu baik jenis jaminan asuransi comprehensive/all risk atau TLO (Total Lost Only), untuk bencana alam ada pada perluasan asuransi. Biasanya premi yang ditambahkan sekitar 0,13 persen sampai 0,30 persen dari harga kendaraan tergantung jenis jaminan yang dipilih.

“Untuk klaim tetap menggunakan jalur biasa pelaporan asuransi. Telepon call center, buat laporan, nanti akan disurvey lalu kendaraan akan diperbaiki,” ucap Iwan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa