Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Kebiasaan Salah Naik Motor Terkait Rem

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 5 April 2017 | 19:05 WIB
Mengerem sepeda motor ada teorinya.
mpm-motor.co.id
Mengerem sepeda motor ada teorinya.


Jakarta, Otomania.com – Berkendara di saat hujan deras membutuhkan konsentrasi yang lebih dari pengendara motor. Salah dalam menangani laju motor bisa mengakibatkan kecelakaan fatal.

Salah satu yang kurang diperhatikan adalah posisi tangan yang tepat saat menggenggam kemudi. Menurut Siswanto, Intruktur Keselamatan berkendara dari Wahana Honda, banyak biker yang meletakkan jarinya di tuas rem.

“Ini berbahaya karena tangan berpotensi untuk menarik tuas rem secara tidak sadar. Posisi yang benar adalah menggenggam penuh pada tuas gas,” ucap Siswanto saat ditemui beberapa waktu lalu.

Ini karena pengoperasian rem depan yang berada di kemudi sebelah kanan biasanya bekerja lebih kuat dari rem belakang. Jika dalam keadaan darurat dan pengendara kaget menarik tuas rem tersebut maka rem akan mengunci dan membuat sepeda motor terjatuh.

Menurut Siswanto, trik ini juga dilakukan oleh para pebalap di lintasan. Tangan mereka menggenggam penuh kemudi dan tidak berada di atas tuas rem.

“Baru saat butuh memperlambat laju motor, tekan tuas rem sedikit demi sedikit. Jangan menekan penuh karena bisa terkunci. Cukup gunakan jari telunjuk dan jari tengah,” ucap Siswanto.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa