Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BBM yang Tepat untuk Mesin Mobil Euro IV

Aditya Maulana - Selasa, 4 April 2017 | 17:48 WIB
Asap yang mengandung banyak gas buang berbahaya dari kendaraan bermotor.
dosomething
Asap yang mengandung banyak gas buang berbahaya dari kendaraan bermotor.

Jakarta, Otomania.com - Aturan standar emisi Euro IV sudah dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.P20/MENLKH/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru.

Kendaraan bermesin bensin mulai diterapkan 18 bulan lagi atau sekitar September 2018, dan diesel empat tahun ke depan. Lantas, nanti mobil yang sudah memiliki standar emisi gas buang Euro IV harus mengkonsumsi bahan bakar minyak (BBM) dengan kandungan oktan berapa?

Penjelasan Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM), sebaiknya menggunakan BBM dengan RON minimal 92 untuk mesin bensin. Alasannya, agar gas buang yang dikeluarkan sesuai dengan yang diinginkan.

"Jadi mesin yang sudah Euro IV, pasti punya batasan gas buangnya. Kalau pakai BBM yang benar akan tercapat, tetapi kalau di bawah itu tidak akan tercapai," ujar Iwan kepada Otomania.com, Selasa (4/4/2017).

Mobil sekarang, kata Iwan punya angka gas buang 1,5 persen. Seharusnya dengan Euro IV bisa lebih bagus lagi dari itu, namun perlu diselaraskan juga dengan penggunaan bahan bakarnya.

"Begitu juga kalau pakai BBM yang di bawah RON 92, hasilnya tidak akan maksimal. Jadi disarankan pakai RON 92 atau lebih dari itu. Bisa juga untuk efisiensi BBM agar lebih bagus," kata Iwan.

Sementara mengenai mobil bermesin diesel, harus menggunakan solar yang punya kandungan sulfur maksimal 50 ppm (part per milion).

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa