Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alasan Daihatsu Pilih Penggerak Depan buat Sigra

Aditya Maulana - Senin, 8 Agustus 2016 | 07:04 WIB

Jakarta, Otomania – Jantung pacu Daihatsu Sigra terdiri dari dua pilihan, pertama tipe 1KR-VE 1.0-liter, tiga silinder yang sudah dipakai Ayla dan Agya, serta yang terbaru 3NR-VE 1.2-liter, empat silinder. Keduanya sama-sama menggunakan sistem penggerak roda depan.

Lantas pertanyaannya, kenapa tidak menggunakan penggerak roda belakang lagi seperti Xenia. Sistem penggerak belakang pernah diklaim cocok diterapkan pada kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV) dan kondisi jalan di Indonesia?

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, Sigra merupakan produk mobil murah (low cost gren car/LCGC) yang dibuat bukan hanya murah tetapi harus irit bahan bakar minyak (BBM).

“Syarat mutlak segmen ini adalah efisiensi bahan bakar yang sangat ketat,” ucap Anjar kepada Otomania melalui pesan singkat, akhir pekan lalu.

Menurut Anjar, menggunakan penggerak roda depan bisa lebih irit ketimbang belakang. Bahkan, keunggulan lain bisa mengurangi kebisingan dari luar ke dalam kabin.

“Kalau penggerak roda depan, dari mesin langsung transaxle terus ke roda, kalau belakang ada propeler shaft terus differential. Kalau depan berarti tidak perlu lagi prop shaft dan diff,” ujar Anjar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa