Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Atasi Bunyi Kasar di Kaki Mobil

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 18 Maret 2016 | 09:25 WIB


Jakarta, Otomania
– Perhatian pada bagian kaki-kaki kendaraan harus dilakukan secara berkala. Salah satu masalah yang sering timbul adalah suara kasar, yang datang dari bagian kaki-kaki kendaraan. Ini merupakan indikasi dari rusak atau aus-nya perangkat link stabil.

Link stabil atau sebutannya karet stabilizer adalah perangkat pada kaki-kaki yang bentuknya menyerupai tulang kecil yang memiliki engsel seperti tie-rod. Fungsi perangkat ini sebagai penghubung stabilizer dengan lengan ayun. Tugasnya menahan beban suspensi, serta fleksibel saat roda bergerak ke kiri dan ke kanan. Tugasnya cukup berat.

Kerusakan link stabil biasanya disebabkan oleh umur pemakaian atau perubahan pada kaki-kaki dalam hal ini penggantian pelek kendaraan. Perubahan ini menyebabkan beban kerja link stabil berlipat.

“Rusaknya link stabil tidak terlalu berpengaruh pada pengendaraan, namun bunyi yang ditimbulkan saat berkendara cukup membuat tidak nyaman,” ujar Roger, pemilik bengkel Timur Jaya Motor, Cibubur Automotive Center, saat ditemui Otomania, Kamis (17/3/2016).

Roger menambahkan, kerusakan pada perangkat kaki-kaki jika tidak segera diperbaiki akan merembet ke perangkat lainnya. Ini yang membuat pergantian link stabil harus dilakukan dengan segera. Solusi perbaikannya adalah mengganti dengan yang baru.

“Penggantian komponen link stabil harganya cukup terjangkau, sekitar Rp 300.000-an untuk kiri kanan. Jika link stabil rusak disarankan untuk mengganti dengan yang baru, jangan coba diperbaiki,” ujar Roger.

Penggantian link stabil harus menggunakan dongkrak besar untuk mengangkat bagian depan kendaraaan. Ini agar link stabil dibebaskan dari beban. Setelah itu copot ban kendaraan dan ganti link stabil. Perangkat ini dapat ditemukan di belakang piringan rem. Solusi ini akhirnya akan menghilangkan suara dari kaki kendaraan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa