Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pentingnya Proses Spooring Kaki Mobil

Stanly Ravel - Senin, 15 Februari 2016 | 13:01 WIB

Jakarta, Otomania - Selain perawatan secara periodik, proses spooring pada bagian roda mobil juga wajib diperhatikan. Kegunaannya adalah untuk menjaga kondisi mobil tetap nyaman dan stabil ketika digunakan.

Seiring dengan penggunanya, kaki-kaki mobil yang terus bergerak juga mengalami banyak benturan, belum lagi untuk moibl yang biasa membawa banyak beban. Tanpa disadari hal ini membuat posisi serta komponen yang ada di kaki-kaki mengalami perubahan.

"Bila posisi kaki-kaki sudah ada yang berubah pasti berdampak pada sisi kenyamanan saat berkendara. Salah satu yang paling sering dialami adalah kemudi bergetar ketika sedang berjalan di kecepatan tinggi," ucap Raja Nami Siregar kepala bengkel Auto2000 Cileduk saat dihubungi Otomania, Minggu (14/2/2016).

Proses spooring sendiri memiliki fungsi untuk mengembalikan kondisi kaki-kaki mobil ke posisi ideal seperti saat mobil keluar dari pabrikan. Bukan hanya soal pelek, tapi juga banyak komponen lain yang ikut dikerjakan atau di kalibrasi.

"Rangkaian proses spooring mencakup banyak komponen pada sistem roda. Mulai dari sudut-sudut di kaki kendaraan seperti toe (tingkat kesejajaran roda depan kiri dan kanan), sudut chamber (kemiringan roda terhadap garis vertikal), dan sudut caster (kemiringan sumbu putar kemudi/steering axis terhadap garis vertikal/tegak lurus)," paparnya.

Menurutnya, semua komponen tersebut dikalibarasi ulang untuk menyesuaikan interval standarnya. Hal ini berfungsi untuk menjaga kenyamanan saat berkendara, dan membuat mobil tetap stabil ketika bermanuver.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa