Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awas Virus Korosi Mobil di Musim Hujan

Stanly Ravel - Rabu, 3 Februari 2016 | 16:01 WIB

Jakarta, Otomania - Berkendara mobil saat musim hujan bukan hanya membutuhkan tingkat kewaspadaan, tapi juga perhatian lebih dalam hal perawatan kendaraan. Kandungan zat pada air hujan yang berpotensi menimbulkan karat wajib disikapi secara serius bila mobil mau aman dari virus korosi.

Selain mesin, sektor kaki-kaki dan kolong mobil menjadi hal yang jarang dibersihkan. Padahal, area ini merupakan lokasi yang paling sering terkena air dan kotoran di jalan yang membuatnya berpotensi tinggi menimbulkan karat.

"Disadari atau tidak, kotoran yang ada di jalan dan menempel di bagian kolong mobil biasanya lebih banyak tanah yang sifatnya menyimpan air. Bila didiamkan terus menerus otomatis bisa memicu karat pada kolong dan sektor mobil, apalagi saat terkena air hujan yang punya kadar asam tinggi," ujar Daniel Yoga dari auto detailing Gloss Geek saat dihubungi Otomania, Selasa (2/2/2016).

Menurutnya, bagian kolong mobil yang didominasi oleh material besi menjadi sasaran empuk bersarangnya virus karat. Mulai dari dek bawah bahkan menjalar sampai komponen kaki-kaki pengerak roda yang rata-rat juga terbuat dari besi.

"Sebaiknya saat musim hujan atau ketika habis menerabas genangan air kolong mobil dicuci bersih, minimal sekali seminggu. Bila susah untuk mengerjakan sendiri, bisa datang ke tempat cuci mobil yang punya hidrolik tapi minta kaki-kaki di belakang roda ikut, seperti suspensi dan rangka juga turut dibersihkan, karena kotoran biasanya banyak di sana," paparnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa