Singkirkan Karat di Knalpot, Tak Perlu Keahlian Khusus

Stanly Ravel - Selasa, 5 Januari 2016 | 16:06 WIB

Jakarta, Otomania - Letak knalpot sepeda motor yang berada di bawah, membuat pipa-pipanya rentan untuk terkena virus karat. Apalagi untuk model standar bawan pabrik yang materialnya terbuat dari besi.

Mendiamkan karat bersarang terlalu lama pada pipa kanlpot, terutama di bagian leher bisa menyebabkan korosi dan hasilnya akan timbul lubang yang menyebabkan kebocoran. Oleh karena itu, saat melihat sudah ada karat yang bersarang baiknya langsung disingkirkan.

Caranya pun sangat sederhana, tak perlu keahlian khusus hanya membutuhkan beberapa tahapan dan peralatan pedukung.

"Bila didiamkan karat akan menyebabkan kebocoran, sama halnya dengan kotoran pada gigi kalau didiamkan bisa membuat gigi bolong. Tak perlu harus ke bengkel khusus untuk membersihkan, cukup sediakan beberapa peralatan saja dan kerjakan sendiri di waktu lenggang," ujar Donny dari Hantu Laut kepada Otomania, Sabtu (2/1/2015).

Menurut Donny, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan peralatan pembersih, seperti ampelas kasar dan sikat kawat. Setelah itu dilanjutkan dengan melepas knalpot untuk memudahkan proses pembersihan.


Usahakan kondisi knalpot dalam keadaan dingin, setelah itu dilanjutkan dengan mengosok sikat kawat pada bagian yang dihinggapi karat. Bila sudah cukup, tinggal dihaluskan dengan menggunakan amplas sampai lapisan karat benar-benar hilang lalu dibilas dengan air.

Setelah kering, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mencegah karat kembali datang. Pertama adalah dengan memolesnya dengan Autosol atau langsung mengecatnya. Bila pemilik memutuskan untuk mengecat, pastikan memilih cat yang tahan panas karena bila tidak dalam beberapa hari cat akan luntur saat terkena panas.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa