Terapi Cegah Karat Pada Knalpot Motor

Stanly Ravel - Selasa, 5 Januari 2016 | 15:15 WIB

Jakarta, Otomania - Potensi timbulnya karat pada pipa maupun tabung knalpot sepeda motor memang tidak bisa dihindari. Terlebih dalam kondisi saat ini dengan cuaca yang cepat berubah, dari panas terik matahari tiba-tiba hujan deras.

Meski demikian, tapi ada cara untuk meminimalkan terjadinya serangan karat. Donny punggawa bengkel modifikasi Hantu Laut mengatakan bahwa karat pada knalpot memang tidak bisa dihindari, apalagi untuk model standar yang menggunakan material besi. Untuk mencegahnya ada beberapa terapi yang bisa dilakukan pemilik motor.

"Caranya cukup mudah, tapi wajib rutin dilakukan seperti terapi saja. Dengan menerapkan beberapa hal ini bisa meminimalkan timbulnya sarang karat pada bagian knalpot," ucap Donny kepada Otomania, Sabtu (2/1/2015).

Hal pertama yang bisa dilakukan pemilik motor adalah dengan memberikan oli ke dalam lubang knalpot dalam kondisi sedang panas. Dengan begitu oli yang masuk akan menguap dan menjadikan dinding dalam silencer knalpot basah dan mencegah terjadinya karat karena tidak ada udara.

"Untuk cara ini baiknya rutin dilakukan dua minggu sekali. Selain oli, cairan penetran juga bisa digunakan," ujar Heru.


Cara kedua adalah dengan memastikan kondisi lubang buangan pada pipa knalpot. Bila kotor dan tersumbat akan membuat timbulnya genangan air yang bisa masuk ke silinser dan lama-lama menimbulkan karat.

Ketiga, pemilik motor wajib membilas seluruh sektor knalpot saat habis terkena air hujan. Untuk yang satu ini jangan sampai ditunda-tunga, karena kandungan zat asam pada air hujan bisa cepat mengundang karat hadir di pipa knalpot.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa