Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Masih Bergetar Setelah di Balancing, Cek Komponen ini

Stanly Ravel - Sabtu, 20 Februari 2016 | 11:06 WIB

Jakarta, Otomania - Proses balancing pada roda mobil berfungsi untuk menyelaraskan putaran masa di roda. Mudahnya, mengembalikan kesimbangan gerak dari keempat roda pada mobil.

Manfaat dari balancing sendiri adalah membuat roda kembali sehat karena rotasi putaran seimbang dengan masa yang dikeluarkan. Lalu apa sebabnya bila setelah dibalancing mobil masih terasa tidak stabil dan kemudi masih bergetar? Bila hal ini terjadi maka pemilik mobil wajib melakukan pengecekan menyeluruh di seputar kaki-kaki.

"Bila masih tidak nyaman digunakan seperti kemudi masih bergetar, bisa diakibatkan banyak hal. Mulai dari pelek yang meamang sudah oleng, kelenturan dinding ban yang tidak stabil, sampai keausan atau kerusakan komponen pemindah tenaga atau pada sistem suspensi," ucap Raja Nami Siregar kepala bengkel Auto2000 Ciledug, saat dihubungi Otomania, Minggu (14/2/2016).

Potensi ini sebenarnya minim terjadi, namun bila mengalami hal ini sebaiknya minta mekanik memeriksa sistem kaki-kaki secara menyeluruh. Mulai dari suspensi, rem, bearing, sampai permukaan pelek dan ban.

"Biasanya saat proses balancing dirasa tidak cukup akan berlanjut ke proses spooring yang pengerjaannya lebih kompleks. Dengan melakukan spooring semua posisi kaki-kaki akan dikalibrasi ulang untuk mengembalikan ke posisi ideal," ujar Raja.

Lebih lanjut ia manambahkan baiknya saat melakukan spooring bila tidak sempat untuk ke bengkel resmi maka baiknya sambangi ke bengkel spesialis. Selain bisa mengerjakan lebih maksimal, bila ada keluhan akan lebih mudah untuk proses pengaduannya.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa