Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jaga Keseimbangan Roda Mobil dengan Balancing

Stanly Ravel - Rabu, 17 Februari 2016 | 08:05 WIB

Jakarta, Otomania - Seiring penggunaanya perawatan ke empat roda mobil pun wajib diperhatikan. Selain proses spooring yang sebelumnya sudah dibahas, proses balancing pada roda mobil juga tak kalah penting dilakukan.

Fungsi balancing sendiri adalah menyelaraskan putaran roda, hal ini umum dilakukan pada saat pergantian ban baru. Namun, sebaiknya balancing dilakukan seiring dengan perawatan berkala kendaraan.

"Saat roda bergerak akan terjadi gaya sentrifugal pada tiap bagian roda, hal ini akan makin kuat saat rotasi ban makin cepat. Seiring penggunaanya lama-lama ban dan roda akan memiliki titik berat yang menimbulkan ketidak seimbangan, biasanya akibat daya sentrifugal yang lebih besar pada salah satu ban dan menimbulkan gerakan tidak selaras," papar Raja Nami Siregar kepala bengkel Auto2000 Cileduk saat dihubungi Otomania, Minggu (14/2/2016).

Menurutnya, dengan melakukan proses balancing akan membuat gerak roda depan dan belakang kembali berjalan secara paralel sehingga mobil bisa berjalan dengan stabil dan nyaman dikendarai. Dalam proses pengerjaan roda akan diberikan timah di sisi pelek sesuai kebutuhan dari masing-masing roda untuk mendapatkan kesimbangan yang merata.

"Biasanya proses balancing mengikuti masa perawatan berkala dari mobil. Tapi bila tidak semapat usahakan setiap tujuh atau delapan bulan sekali. hal ini penting dilakukan agar kondisi ban tetap terjaga," ucap Raja.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa