Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jurus Berkendara di Musim Hujan Versi Chevy

Donny Apriliananda - Selasa, 10 Oktober 2017 | 13:20 WIB
Chevrolet Spin melintasi genangan air
Dwi Wahyu R.
Chevrolet Spin melintasi genangan air

Otomania.com - Wilayah Indonesia tampaknya mulai masuk musim penghujan, meskipun turunnya masih belum menentu. Bagi yang kerap menggunakan mobil untuk beraktivitas, tak ada salahnya bersiap kalau tiba-tiba di tengah jalan diguyur hujan.

Skill berkendara memang utama, tapi persiapan musim hujan terkait performa kendaraan sendiri, juga penting. Chevrolet Indonesia menyodorkan bekal panduan, agar berkendara bisa lebih aman.

“Berkendara saat hujan memerlukan perhatian yang lebih, khususnya kesiapan kendaraan dalam melewati jalanan licin dan banjir. Kami menyarankan memeriksa kendaraan untuk memastikan mobil dalam keadaan aman saat dipakai,” ujar Yuniadi Hartono, External Affairs & Communications Director GM Indonesia dalam siaran resminya, (6/10/2017).

”Jurus” pertama, periksa standar check-up pada kendaraan, termasuk wiper, tekanan ban, oli, mesin, baterai dan lampu. Bahan bakar dalam kondisi penuh sangat diperlukan sebelum bepergian jauh.

Kedua, rencanakan rute sebelum bepergian, terlebih saat menuju daerah yang jarang atau belum pernah dikunjungi. Perasaan tersesat akan menimbulkan kebingungan dan menganggu konsentrasi.

Potensi cuaca dan jarak pandang yang buruk membutuhkan kemampuan mengemudi ekstra hati-hati. “Di Chevrolet sendiri ada fitur MyLink, bisa digunakan untuk screen mirroring dan memindahkan tampilan peta digital demi kenyamanan ekstra,” ujar Yuniadi.

Ketiga, gunakan gigi rendah ketika menghadapi jalan menanjak, atau turunan yang curam dan licin. Teknik itu memudahkan mesin untuk melakukan pengereman, sebelum mencapai tikungan curam, serta membantu mengontrol kecepatan kendaraan, serta membuat rem bertahan lebih lama.

Keempat, pastikan kendaraan pada kondisi yang baik, terutama pada bagian mesin. Pada kondisi jalan berbukit, mobil dengan torsi besar akan lebih andal dalam menaklukan medan.

Kelima, penting untuk melatih kesabaran. Walaupun saat ini bukan puncak musim liburan, pengemudi harus dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan. Hindari menyusul kendaraan lain ketika tidak bisa melihat jalan di depan, apalagi saat kondisi hujan, seperti pada tikungan, jembatan, bukit, dan lereng gunung.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa