Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Dicuci Tiap Habis Kehujanan, Perlukah?

Donny Apriliananda - Senin, 9 Oktober 2017 | 16:55 WIB
Ilustrasi Cuci Mobil Oleh Wanita Seksi
Akbar Kemas
Ilustrasi Cuci Mobil Oleh Wanita Seksi

Otomania.com – Hujan mulai intens datang. Mobil sudah pasti kotor terus dan Anda bakal lebih sering direpotkan dengan aktivitas bersih-bersih.Tapi, apakah iya, sehabis kena hujan, kita harus mencuci mobil?

Waktu dan tenaga adalah musuhnya. Kebanyakan dari kita sudah terlalu sibuk. Alih-alih mencuci mobil, mencari waktu istirahat kadang susah, terutama untuk ”kaum” komuter kota besar yang melakukan perjalanan jauh PP rumah-kantor.

Ardiansyah, pengelola 3M car wash and detailing di Radin Inten, Jakarta Timur, dikutip dari KompasOtomotif, (4/10/2017), mengatakan bahwa sebenarnya aktivitas mencuci mobil tak harus dilakukan setiap mobil kena hujan.

”Tapi, paling tidak, ada langkah-langkah ringan agar zat asam air hujan tidak terlanjur kering dan merusak cat mobil. Memang kotoran atau debu yang bercampur dengan air hujan jika dibiarkan akan menimbulkan kerak, terus memudarkan warna cat,” kata Ardiansyah.

Siasat
Apalagi, jika lewat di dekat perairan laut yang airnya memiliki kandungan garam cukup besar, ditambah dengan polutan, karat akan mudah menyerang dalam jangka waktu yang lama. Artinya, Ardiansyah tetap menegaskan bahwa mencuci mobil setelah kena hujan adalah wajib. Tapi, ada siasatnya.

”Kalau tiap hari nyuci bisa kecapekan. Dibawa ke tukang cuci tiap hari juga berat di ongkos. Cara gampangnya, bilas saja dulu dengan air biasa, lakukan penyemprotan dengan tekanan yang lebih untuk merontokkan kotoran,” kata Ardiansyah.

Setelah yakin kotoran rontok, biarkan setengah kering, lalu segera lap dengan kain mikrofiber atau lap lembut, karena saat basah, kondisi cat biasanya lebih lunak dan mudah tergores.

Soal mencuci mobil dengan sabun, bisa dilakukan tiga hari sekali atau seminggu sekali. Karena bagaimanapun juga, mencuci tanpa sabun atau sampo tak bisa membersihkan kotoran dengan sempurna.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa