Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Akibatnya Bila Helm Sering Kehujanan

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 26 Februari 2017 | 09:31 WIB
Ilustrasi menggunakan helm
plaxenadler.com
Ilustrasi menggunakan helm

Jakarta, Otomania.com – Cuaca hujan yang belakangan ini melanda membuat perangkat sepeda motor jadi terdampak. Salah satunya adalah helm yang menjadi perangkat keselamatan selama berkendara.

Bila usia pakai helm bisa berkurang saat helm tersebut terjatuh, lantas apakah keadaan yang sama berlaku jika helm digunakan terus saat hujan? Saat hujan bagian dalam dan luar helm dapat terkena air, apakah mempengaruhi kualitas bahan helm nantinya?

“Kalau penurunan kualitas akibat air hujan atau terkena air tidak ada pengaruhnya. Pengaruh paling terasa paling di kenyamanan saat digunakan,” ucap Agus Hermawan, owner Juragan Helm saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Menurut Agus, struktur di bagian dalam helm biasanya menggunakan bahan Expanded Poly Styrene (EPS) yang mirip Styrofoam namun lebih tebal, padat dan keras. Bahan ini sudah melalui beragam uji coba termasuk salah satunya uji coba suhu.

“Uji coba helm untuk memenuhi standar SNI, Snell, DOT sudah pasti juga menguji helm ini di segala cuaca. Jadi tidak masalah. Kecuali cuaca ekstrim, dari dingin atau ke panas sekali mungkin rusak,” ucap Agus.

Untuk perawatan saat hujan, helm baiknya sering dibersihkan bagian luarnya. Tidak lupa mengeringkan bagian dalam agar terhindar dari masalah bau tidak sedap.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa