Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ragam "Penyakit Head Unit" dan Biayanya

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 15 April 2017 | 09:39 WIB
Layar audio New Honda Mobilio
HPM
Layar audio New Honda Mobilio

Jakarta, Otomania.com – Perangkat hiburan dalam kabin mobil atau head unit jadi salah satu fitur yang wajib ada pada mobil. Sayangnya perangkat ini juga tidak lepas dari masalah.

“Buat yang single DIN biasanya ada di pemutar cakram (CD), optiknya bermasalah. Kalau yang double DIN, layar sentuhnya yang bermasalah,” ucap Dwi Nur Ahmadi, Braling Teknik MGK Kemayoran, (12//4/2017).

Kerusakan head unit dengan layar sentuh biasanya dimulai dengan reaksi layar yang tidak sesuai dengan posisi sentuhan tangan. Perbaikan masalah ini head unit harus dibongkar atau diganti dengan perangkat yang baru.

Penyebab head unit mengalami kerusakan kebanyakan karena usia pakai. Untuk perangkat head unit merek China umurnya sekitar satu tahun, untuk bawaan pabrikan memiliki usia pakai yang lebih lama karena kualitas komponen yang lebih baik.

Head unit bermerk paling kerusakan pada software saja, untuk komponen cukup jarang rusak. Kalau merek China dengan harga murah lebih cepat usia pakainya,” ucap Dwi.

Untuk biaya perbaikan, kerusakan pada perangkat head unit single DIN merek China dibanderol Rp 150.000 sampai Rp 400.000, head unit single DIN bermerek dengan sparepart langka mulai Rp 400.000 unit ke atas.

Perbaikan head unit double DIN dengan layar sentuh merek China mulai Rp 200.000. Makin mahal sesuai dengan ukuran layar. Untuk double DIN bermerek seperti Pioneer mulai Rp 600.000.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa