Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kebiasaan Buruk yang Pengaruh ke Audio Mobil

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 13 April 2017 | 15:35 WIB
Head unit Calya
Ade Habibie
Head unit Calya

Jakarta, Otomania.com – Ditengah kemacetan atau perjalanan jauh, hiburan yang berasal dari head unit mobil membantu pengemudi mengusir kebosanan. Namun kerap kali, head unit mengalami masalah yang berasal dari kebiasaan pengguna.

“Masalah biasanya karena kebiasaan pengguna salah satunya yang membiarkan head unit dalam kondisi menyala saat mobil akan dimatikan,” ucap Dwi Nur Ahmadi, mekanik Braling Teknik, MGK Kemayoran, (12/4/2017).

Dwi mengungkapkan kebiasaan ini membuat head unit segera menyala saat mobil dinyalakan. Pengaruh kepada komponen di dalam head unit karena saat mobil menyala pertama kali tegangan arus listrik tidak stabil.

Selain itu, bila saat menstarter mobil dan head unit menyala dengan pengaturan volume keras, akan mempengaruhi umur speaker. Speaker yang tiba-tiba berteriak keras, membuat komponen terutama membran yang bergetar tidak bisa kembali ke posisi semula.

“Kalau tiba-tiba volumenya keras, membran yang ada di speaker bisa tidak kembali ke posisi semula. Suara speaker akhirnya jelek,” ucap Dwi.

“Kebiasaan ini juga menjadi langkah perawatan head unit mobil dan komponen di dalamnya. Jadi baiknya pastikan head unit dimatikan terlebih dulu sebelum mobil berhenti,” ucap Dwi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa