Faktor Penentu Usia Aki Motor

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 29 November 2016 | 18:35 WIB

Jakarta, Otomania – Aki saat ini menjadi komponen penting untuk mengoperasikan sepeda motor. Tanpa adanya kelistrikan dari aki, sepeda motor tidak dapat berfungsi. 

Aki seperti komponen lainnya juga memiliki usia pakai. Lama atau sebentarnya usia aki berasal terjadi karena cara perawatan dan pemakaian yang tidak sesuai.

“Ada lima faktor utama yang dapat mempengaruhi usia aki pada sepeda motor. Kelima faktor ini kadang tidak diperhatikan oleh pemilik motor untuk memperpanjang usia aki,” ucap Dedy Ismanto, Product Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, saat peluncuran aki motor Bosch Ultra Gel Battery, Selasa (29/11/2016).

Faktor pertama adalah cara pemasangan aki saat pertama kali di motor. Umumnya pemilik langsung memasang aki di motor saat mengganti di bengkel. Saat pemasangan ini yang bisa menentukan umur aki. 

“Ada yang pertama harus diisi, malah tidak dilakukan pengisian. Ada yang pas mengisi carian tumpah, kurang atau sebagainya. Ini akan mempengaruhi umur aki,” ucap Dedy.

Faktor kedua adalah kecocokan jenis aki dengan sepeda motor. Terkadang konsumen menyerahkan sepenuhnya pada pihak bengkel saat penggantian aki. Mereka tidak tahu aki apa yang dipasang pada motornya. Padahal jenis aki dan tipe aki mempengaruhi umur pakai.

“Jangan salah pasang atau salah tipe aki. Parahnya salah ukuran. Itu bisa mempengaruhi umur aki,” ucap Dedy.

Faktor selanjutnya adalah perawatan aki atau servis. Semakin sering kendaraan dirawat, maka akan berbanding lurus dengan kondisi aki.

Faktor keempat, penggunaan perangkat elektronik atau aksesori yang berlebihan. Saat ini peraturan mengharuskan sepeda motor menyalakan lampu di siang hari. Ada pula yang dipasangi perangkat untuk mengisi daya telepon genggam. Hal ini membuat konsumsi listrik semakin besar.

Terakhir adalah faktor karakter pemakaian motor. Di Indonesia ada yang menggunakan untuk harian ada juga yang waktu tertentu untuk hobi. Sering tidaknya pemakaian motor juga mempengaruhi usia pakai aki karena terkait siklus hidup aki itu sendiri.

“Seberapa sering dia berproses saat pengisian maupun non pengisian, itu berpengaruh juga,” ucap Dedy.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa