Dampak Negatif Lupakan Oli Gardan

Stanly Ravel - Selasa, 29 November 2016 | 16:05 WIB

Jakarta, Otomania - Oli Gardan pada sepeda motor skutik menjadi pelumas yang sering dilupakan. Padahal fungsinya tidak kalah penting seperti oli mesin yang berguna untuk melindungi dari gesekan.

Lalu apa dampaknya bila oli gardan sampai lupa diganti. Slamet Pamuji dari Selta Motor menjelaskan bahwa salah satu penyebab besar bisa membuat kebisingan dan kurusakan pada sistem pengerak.

"Oli gardan fungsinya untuk melumasi transmisi matik, secara jangka pakai memang lebih panjang dibandingkan oli mesin, tapi kalo tidak diganti-ganti kekentalan akan hilang dan fungsinya tidak berjalan lagi," ucap Slamet saat dihubungi Otomania, Sabtu (26/11/2016).


Menurut dia, saat fungsi oli sudah berkurang maka efeknya tidak bisa melumasi transmisi secara maksimal. Parahnya gesekan antara material metal bisa terjadi yang menimbulkan banyak suara bising di sektor CVT.

"Suara bising itu terjadi karena kekentalan oli yang sudah hilang, akibatnya banyak gesekan yang terjadi. Bila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan berbahaya dan merugikan," kata Slamet.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa