Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Murah Dilarang Jadi Taksi "Online", Pedagang Mobil Bekas Khawatir

Aditya Maulana - Senin, 10 Oktober 2016 | 16:42 WIB

Jakarta, Otomania - Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan R1 Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, menyebutkan mobil dengan kubikasi mesin di bawah 1.300 cc dilarang jadi angkutan sewa berbasis aplikasi.

Salah satunya segmen Low Cost Green Car (LCGC), seperti Datsun Go, Datsun Panca, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Calya, Honda Brio, dan Suzuki Karimun.

Aturan tersebut membuat pedagang mobil bekas di Jakarta khawatir. Sebab, sejak ramai taksi online penjualan mobil murah meningkat. Sebab, banyak pedagang yang membeli untuk dijadikan angkutan sewa berbasis aplikasi di Ibu Kota.

"Penjualan mobil bekas sedang tidak bagus, ditambah ada peraturan itu, jelas memberatkan juga buat kami," ujar Teddy salah satu pedagang mobil bekas di MGK Kemayoran, saat dihubungi Otomania, Senin (10/10/2016).

Menurut dia, setiap bulannya selalu ada konsumen yang beli mobil LCGC untuk dijadikan taksi online. Sebab, harganya memang lebih murah ketimbang Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) sekelas Avanza-Xenia.

"Bulan lalu masih banyak yang beli, tetapi memang dalam dua minggu ke belakang ini sudah mulai sepi, mungkin sudah terpengaruh sama kabar itu," kata dia.

Hal senada diungkapkan Firmansyah, pedagang mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara. Menurut dia, dalam satu pekan bisa menjual empat sampai lima unit "mobil murah" dari berbagai merek.

"Diantara mereka yang beli, kalau ditanya ada yang mengatakan untuk digunakan sebagai taksi online. Terutama yang Datsun Go+ Panca, karena bisa menampung penumpang lebih banyak ketimbang model lain di segmennya," kata Firmansyah.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa