Mobkas City Car Mulai Geser LCGC

Stanly Ravel - Senin, 25 April 2016 | 14:08 WIB

Jakarta, Otomania - Pasar mobil bekas (mobkas) memang tidak selalu sama dengan mobil baru, trennya tiap waktu bisa berubah. Masuk bulan keempat di 2016, mobkas mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) rupanya mulai kalah pamor dengan kendaraan city car.

Teddy pengusaha sekaligus pemilik diler mobkas Teddy Jaya Motor di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, mengatakan, kalau tren untuk pasar mobkas LCGC saat ini cenderung turun dibandingkan awal tahun lalu.

"Tren pembeli lebih ke city car tapi yang kapasitasnya yang 1.200 cc untuk di sini (MGK). Selain lebih murah dari yang jenis hatchback mereka menganggap 1.200 cc lebih irit, bila dibandingkan LCGC seperti Datsun atau Agya, sekarang pilihannya seperti Nissan March, Sirion, atau Mirage," ucapnya kepada Otomania, Jumat (22/4/2016).

Kalau dibandingkan, menurut Teddy, orang pilih city car dikarenakan tingkat kenyamanannya. Untuk mobil LCGC sendiri orang saat ini sudah kecewa karena selain tidak nyaman harga jual juga menurun.

Beberapa model city car paling sering dicari, adalah Nissan March dan Sirion. March 1.2L tahun 2013 pasarannya bisa Rp 110 juta, sedangkan Siron 2013 bisa Rp 120 juta dengan transmisi otomatis.

"Kalau dibandingkan head to head mobil city car 1.200 cc dan LCGC jelas kalah dalam hal kenyamanan. Konsumen mobkas sekarang pintar, biasanya mereka sebelum datang sudah cari-cari info dulu. Paling sering dicari itu March dan Sirion, tapi Sirion susah unitnya jadi lari ke Mirage," ucap Teddy.

Hal senada turut disampaikan Riverian dari diler mobkas Timur Jaya Mobil. Menurutnya untuk mobkas LCGC saat ini lumayan menurun, pilihannya selain city car Jepang orang juga mulai cari mobil brand Korea.

"Tidak seperti dulu, sekarang LCGC mulai bergeser ke city car. Selain Sirion, March dan, Mirage, konsumen juga lebih pilih Kia Picanto. Harganya dengan LCGC tidak terlalu jauh, tapi kualitas lebih baik," ucapnya saat dihubungi Otomania, Senin (25/4/2016).

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa