Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modal Rp 5.000 Bikin Suara Knalpot Bulat Lagi

Stanly Ravel - Selasa, 27 September 2016 | 07:34 WIB

Jakarta, Otomania - Penggunaan knalpot racing bukan hanya berfungsi mendongkrak performa mesin sepeda motor, tapi juga penunjang tampilan agar lebih sporty. Namun, dalam kurun waktu tertentu, suara knalpot yang dipasang bisa saja berubah akibat sistem peredam yang sudah habis.

Sebagian banyak knalpot yang dipasarkan masih menggunakan peredam glasswool. Seiring penggunaanya glasswool bisa habis terbakar, bila sampai kejadian seperti ini otomatis usara knalpot akan berubah drastis.

"Suara knalpot yang pakai glasswool bisa berubah saat sudah habis. Biasanya untuk motor dua tak suara lebih cempreng, sedangkan untuk motor empat tak suara knalpot sudah tidak bulat dan padat lagi," ucap Slamet Pamuji dari Selta Motor kepada Otomania, Jumat (23/9/2016).

Nah, bila ada yang merasa suara knalpot motor mulai berubah, jangan cepat langsung membuangnya, tapi cek dulu kondisi glasswool-nya. Untuk knalpot yang dirancang knockdown cukup mudah proses pegecekannya, tinggal buka baut filter pada bagian lubang keluar knalpot, tarik dan lihat kondisinya. Bila glasswool sudah tidak nampak, wajar saja suaranya berubah.

Sedangkan untuk knalpot yang menggunakan paku rivet memag tidak fleksibel, karena harus membongkarnya lebih dahulu untuk melihat saringan filternya.

Agar suara kembali nikmat didengar, tinggal beli glasswool yang umumnya dijual sebesar Rp 5.000 per lembar. Bungkus glasswool ke filter secukupnya, dan bila sudah selesai nyalakan mesin dan dengan perubahan suaranya.

"Biasanya glasswool yang cepat habis itu di motor dua tak. Dalam sistem pembakaranya, motor dua tak menggunkan oli samping, saat oli masuk ke dalam ruang knalpot bikin glasswool mudah terbakar," ucap Slamet.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa