Bersihkan Ruang Knalpot dari Kerak

Stanly Ravel - Senin, 26 September 2016 | 17:05 WIB

Jakarta, Otomania - Knalpot berfungsi sebagai saluran gas buang dari pembakaran dan mesin. Seiring penggunaan sepeda motor, tanpa disadari ruang knalpot bisa sangat kotor dipenuhi sisa pembakaran yang menempel dan menjadi kerak.

Perlukah dibersihkan? secara teori memang tidak umum dilakukan, bahkan ada mekanik yang menggangapnya tidak perlu. Hanya beberapa orang saja yang mencoba untuk membersihkannya, tapi tetap memiliki menfaat, terutama bagi yang sudah menggunakan knalpot racing.

"Memang tidak perlu, tapi untuk knalpot racing berguna agar suaranya tetap sama saat baru pertama pasang, apalagi untuk yang pakai glasswool," ucap Selamet Pamuji dari Selta Motor kepada Otomania, Jumat (23/9/2016).

Menurutnya, selain penting untuk mengganti glasswool agar suara knalpot tetap bulat, pembersihan juga perlu sesekali dilakukan. Caranya pun cukup mudah, tidak perlu sampai membongkar habis silinder knalpot.

Untuk menghilangkan kerak cukup dengan mengosok dengan sikat kawat, tapi baiknya disiram terlebih dahulu dengan sedikit bahan bakar. Setelah kerak pada dinding dalam silinder rontok, tinggal nyalakan mesin dan sedikit gas untuk mendorong kerak keluar.

"Bisa juga pakai oli baru, masukan sedikit setelah itu hidupkan mesin. Setelah panas, keraknya akan keluar dari asap hitam knlapot," kata Selamet.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X