Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Knalpot Berasap Itu Artinya Mesin Lagi "Sakit"

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 3 September 2016 | 09:05 WIB

Jakarta, Otomania — Kondisi sepeda motor yang sering digunakan setiap hari harus selalu berada di kondisi prima. Sebagai pemilik kendaraan, Anda sebaiknya harus mengetahui kondisi tunggangan bila terjadi masalah. Salah satu tandanya adalah asap knalpot.

Asap knalpot dapat menjadi tanda bahwa proses pembakaran bermasalah. Pada motor empat langkah, keberadaan asap bisa dibedakan dari warnanya, yaitu hitam dan putih.

"Sepeda motor yang mengeluarkan asap, terlebih yang bukan motor dua tak, sudah pasti mengalami masalah. Warna asap hitam atau putih yang keluar dari knalpot adalah tanda mesin sedang 'sakit'," ucap Tomi, mekanik Gladia 4 Motor, Jatiwaringin, kepada Otomania beberapa waktu lalu.

Asap hitam menandakan ruang pembakaran yang kotor. Biasanya, itu terjadi karena penimbunan karbon di knalpot atau setelan bahan bakar yang berlebih masuk ke ruang bakar. Solusinya, buka mesin dan dibersihkan serta diatur ulang komposisi bahan bakarnya.

Asap putih menandakan hadirnya oli di ruang pembakaran alias oli rembes. Ini bisa disebabkan kondisi piston yang rusak atau cacat sehingga oli bisa masuk ke ruang pembakaran.

"Olinya kebakar, maka menimbulkan asap putih. Kalau dibiarkan, makin lama oli habis, dan mesin rusak. Ini lebih berbahaya," ujar Tomi.

Menurut Tomi, problem mesin berasap putih ini biasanya memakan biaya yang tidak sedikit. Perbaikannya bisa berupa penggantian piston satu set. Guna mencegah timbulnya kerusakan seperti ini, perawatan berkala harus terus dilakukan.

"Ganti oli secara teratur, cek kondisi mesin juga. Gunakan yang sesuai rekomendasi dan suku cadang yang asli. Kalau ada sesuatu yang tidak seperti biasanya, segera bawa ke bengkel," kata Tomi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa