Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cari Mobil di Pameran Vs "Showroom"

Donny Apriliananda - Senin, 18 April 2016 | 16:15 WIB

Jakarta, Otomania — Pameran besar sekelas Indonesia International Motor Show (IIMS) seharusnya menjadi ajang untuk mencari sejumlah promo dan diskon. Namun, hal ini tak sepenuhnya dirasakan pengunjung IIMS 2016 yang selesai diselenggarakan pada 7-17 April di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Beberapa pengunjung bahkan hanya berniat membandingkan apa yang bisa diberikan di IIMS dengan diler. Seperti yang dirasakan Reski Pratama, salah satu pengunjung. Dirinya mengaku belum mendapat promo yang pas.

”Saya incar BMW Seri 3. Cuma di pameran ini (IIMS) malah pelit (diskon). Cuma dikasih speaker portabel Harman Kardon dan program cicilan dari leasing. Saya tanya ke diler kenalan malah dapat diskon lumayan besar,” kata Reski kepada Otomania di booth BMW IIMS, Sabtu (16/4/2016).

Alhasil, pengunjung dari Jagakarsa, Jakarta Selatan, itu pun hanya melakukan survei untuk model-model terbaru. Dirinya tak jadi bertransaksi di IIMS karena sudah mendapatkan promo lebih menarik di luar pameran.

Baharuddin, pada hari yang sama, mengaku sedang membuat finalisasi untuk membeli Grand Livina di IIMS 2016. Namun, dirinya hanya mendapatkan promo uang muka rendah Rp 14 juta dan potongan Rp 2,5 juta.

”Kalau di pameran memang programnya kebanyakan kerja sama dengan leasing. Nanti saya mau lobi diler di showroom dekat rumah. Potongan harganya bisa lebih gede. Kalau di luar pameran lebih berani kasih diskon,” kata Baharuddin.

Lain lagi cerita Ambar Julia, yang datang bersama suami dan anak-anaknya. Dia sedang ingin membandingkan antara Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Dia pun mengaku puas karena banyak tawaran promo selama pameran.

Ambar mengaku tidak ada diskon untuk Pajero Sport, tetapi tenaga penjual menjanjikan berbagai bonus. ”Mobil baru wajar enggak ada diskon. Tapi, kalau beli di pameran ini, biasanya banyak bonus dan program khusus. Belum tahu, jadi ambil Mitsubishi atau Toyota,” katanya.

Banyak atau tidaknya diskon dan program promo di pameran memang menjadi plus minus. Beberapa program ada yang menguntungkan, tetapi ada juga program yang, jika dihitung, sama saja dengan apa yang ditawarkan diler di showroom. Bedanya, di pameran biasanya lebih banyak gimmick, seperti bonus dan undian langsung.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa