Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Mengatasi "Understeer dan Oversteer"

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 28 Juli 2015 | 14:19 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta, Otomania - Berkendara setiap hari, ada saja jalan menikung yang harus dilalui. Jika tidak waspada, bisa timbul gejala understeer atau oversteer yang disebabkan putaran setir tidak ideal ketika menikung saat melaju kencang.

Understeer, terjadi ketika mobil bermanuver dalam kecepatan tinggi. Sudut belok yang dilalui kendaraan tidak sama besar dengan sudut putaran setir (sudut belok). Biasanya yang terjadi, ketika kendaraan mau menikung, arah belokan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Pada kondisi ini terjadi, pengemudi kehilangan kendali penuh kemudi kendaraan.

Meskipun kemudi sudah dibelokkan mobil masih terasa terdorong keluar tikungan. Lebih mudahnya bayangkan mobil tidak ingin dibelokkan, meski kemudi sudah diputar penuh. Untuk menghadapi kondisi ini, menurut modul Indonesia Defensive Driving Center (IDDC), Anda wajib menghindari tambahan putaran kemudi (banting setir).

Kurangi tekanan gas sehalus mungkin, untuk mengembalikan bobot kendaraan ke depan, sehingga traksi roda kembali normal. Selanjutnya, kurangi putaran kemudi secara halus dan bertahap.

Bicara oversteer, merupakan kondisi di mana mobil bermanuver di tikungan juga dalam kecepatan tinggi. Penyebab terjadinya oversteer biasanya karena pengereman yang dilakukan ketika menikung. Saat lingkar kemudi diputar, roda depan akan mengikuti, namun pergeseran ban belakang ke arah depan terjadi.

Yang pertama harus dilakukan yaitu hindari akselerasi dan deselari secara mendadak dan tiba-tiba, melakukan counter steer (mengarahkan kemudi ke arah yang dituju sebelumnya), selanjutnya melakukan akselerasi secara halus dan bertahap.

Simak video berikut in:

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa