Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Cara Benar Meninggalkan Sepeda Motor Selama Mudik

Agung Kurniawan - Selasa, 14 Juli 2015 | 13:05 WIB
Jakarta, Otomania- Sebentar lagi Lebaran akan tiba dan mudik menjadi salah satu ‘ritual’ yang ditunggu-tunggu. Pulang ke kampung untuk bertemu dengan sanak saudara. Bagi Anda yang mudik menggunakan transportasi umum dan meninggalkan sepeda motor kesayangan di rumah, perlu lebih hati-hati lagi.

Pasalnya, jika tidak melakukan langkah yang benar, ketika kembali dari mudik, sepeda motor Anda akan rusak sehingga tidak prima lagi. Nah, untuk mengatasi hal ini Safety Riding Analyst Astra Motor Michael Gerald Gozal membagikan beberapa tip agar saat kembali ke rumah dan siap beraktivitas seperti biasa, sepeda motor Anda tetap fit untuk digunakan. Simak langkah-langkahnya, berikut ini:

1. Usahakan agar sepeda motor ditinggalkan dalam kondisi bersih dan kering. Hal ini penting agar menghindari korosi atau karat selama ditinggal mudik.

2. Isi bensin dalam kondisi penuh (full tank) atau kuras tangki sampai benar-benar kosong. Hal ini berguna untuk menghindarkan terjadinya karat karena proses penguapan bensin saat sepeda motor ditinggal dalam waktu yang lama.

3. Cabut aki sepeda motor jika ditinggal dalam waktu lama. Jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir sehingga aki soak. Lebih baik, simpan aki motor Anda di tempat yang aman.

4. Pastikan sepeda motor Anda  disimpan di tempat yang cukup aman dan tidak terkena panas dan hujan. Sebaiknya berada di dalam ruangan.

5. Berdirikan motor dengan standar ganda. Selain itu, lebih baik jika diberi alas kayu atau karton pada permukaan ban yang menempel ke lantai. Sebab, ban yang langsung menempel ke lantai akan lebih cepat kempes.

6. Tak kalah penting, pastikan sepeda motor Anda sudah dikunci dengan aman. Tutupi motor dengan tudung atau terpal. Lebih baik jika menggunakan tudung yang sudah didesain khusus untuk sepeda motor.

7. Setelah ditinggal dalam waktu yang lama oli akan turun ke bagian bawah mesin. Ketika pertama kali menghidupkan sepeda motor, jangan langsung dihidupkan dan digeber-geber. Sebab, pada saat itu oli masih belum bersikulasi dengan sempurna. Sebaiknya, hidupkan sepeda motor dengan engkol (kick starter) untuk mengurangi beban kerja dinamo starter dan aki.

Selamat mudik dan semoga Anda selamat sampai tujuan. Mudik aman, Lebaran berkesan.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa