Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Banyak Bener, 12.697 Kendaraan di Medan Tertangkap Kamera ETLE, Bagaimana Cara Bayar Denda Tilang Elektroniknya?

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 6 September 2022 | 18:00 WIB
Ilustrasi, Sebanyak 12.697 kendaraan tertangkap kamera ETLE, begini cara bayar denda tilang elektroniknya.
Ntmcpolri.info
Ilustrasi, Sebanyak 12.697 kendaraan tertangkap kamera ETLE, begini cara bayar denda tilang elektroniknya.

Otomania.com - Banyak Bener, 12.697 Kendaraan di Medan Tertangkap Kamera ETLE, Bagaimana Cara Bayar Denda Tilang Elektroniknya?

Tilang elektronik berbasis kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sudah diterapkan di beberapa wilayah Indonesia.

Salah satunya di wilayah hukum (Wilhum) Polda Sumatera Utara (Sumut) yang sudah mendata sebanyak 12.697 pelanggaran tertanggal 26-27 Agustus 2022 berdasarkan data dari website remsi Korlantas Polri.

Adapun data yang terkirim ke Back Office 2.483 kendaraan, terkonfirmasi pelanggaran 5.496 kendaraan, dan terkena tilang online sebanyak 5.419 kendaraan.

Hal ini diungkap Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Indra Darmawan Iriyanto melalui Kasubdit Gakkum Satgas ETLE Ditlantas Poldasu, AKBP Alimuddin Sinurat di Medan, Senin (29/8/2022).

“Untuk jenis pelanggaran yang terkena tilang, yaitu pelanggaran menggunakan handphone (ponsel) 176 orang, pelanggaran tidak menggunakan helm 514 orang pelanggaran tidak menggunakan seat belt sebanyak 3.644, pelanggaran April 734 kendaraan dan pelanggaran rambu lalu lintas atau marka jalan 351 kendaraan,” papar Alimuddin.

Ia mengatakan, tilang online mulai berjalan efektif, tidak ada lagi saling berselisih atau adu mulut antara petugas dan pengendara.

“Tetapi, kita berharap kepada masyarakat Medan, agar jangan hanya di titik yang terpasang ETLE CCTV saja yang tertib, namun di mana pun berada juga diharapkan mulai kesadarannya untuk tertib berlalulintas. Memang ini masih akan terus berproses agar ke depannya lebih baik lagi,” katanya.

Selain itu, Alimuddin berharap Pemerintah Kota (Pemko) Medan bersama Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sumut mendukung untuk penambahan ETLE statis untuk mendukung tilang online di wilayah titik-titik rawan pelanggaran di Medan.

Baca Juga: Siap-siap, ETLE Diberlakukan Mulai 22 September 2022, Melanggar Lalu Lintas Harus Bayar Denda Tilang Elektronik

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa