Siap-siap Lur, Jogja Bakal Ada Tilang Elektronik Mulai Besok!

Adi Wira Bhre Anggono - Rabu, 12 Agustus 2020 | 20:50 WIB
Personel Ditlantas Polda DIY mensosialisasikan ETLE atau tilang elektronik di Titik Nol Kilometer Yogya Rabu (12/08/2020).
Tribunjogja.com / Yosef Leon Pinsker
Personel Ditlantas Polda DIY mensosialisasikan ETLE atau tilang elektronik di Titik Nol Kilometer Yogya Rabu (12/08/2020).

GridOto.com - Tiilang elektronik akan mulai diberlakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai besok Kamis (13/8/2020).

Adapun peluncuran ETLE akan dilaksanakan secara resmi di Mapolda DIY pada esok hari.

Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan, pihaknya akan memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat DIY secara menyeluruh terkait pemberlakukan ETLE.

"Program ini merupakan sistem penegakan hukum secara elektronik dan kami harapkan bisa mendukung Yogyakarta sebagai smart city," kata Agus, Rabu (12/08/2020).

Baca Juga: Ada 1.062 Mobil Ditilang Pada Hari Pertama Penerapan Ganjil Genap, 443 di Antaranya Tilang Elektronik

Agus menambahkan, pihaknya akan dibantu perangkat kamera pengawasa dengan dukungan kecerdasan buatan atau Artifical Intelligence (AI) dalam mengawasi pelanggaran lalu lintas.

"Nanti pelanggaran yang terdeteksi oleh kamera pengawas akan langsung dicapture seluruh pelanggaran secara otomatis," ucapnya.

Agus meyebutkan, pihaknya sudah memasang CCTV beserta slide kamera untuk sistem ETLE di empat titik, yakni Tambakromo Wates, Ngabean, Maguwo dan daerah Ketandan menuju Gunungkidul.

"Mekanismenya nanti jika terdeteksi pelanggaran, kamera akan meng-capture dan mengirim data ke back office kami di RTMC Polda DIY. Kemudian tim akan verifikasi selama tiga hari dan surat pelanggaran akan dikirim ke alamat pelanggar.

Baca Juga: 45 Titik Baru Kamera CCTV E-Tilang Dipasang, Ingat ya Tilang Elektronik Akan Berlaku Kembali

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa