Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pajak Xpander Lebih Murah Dibandingkan Avanza 1.300 Cc

Irsyaad Wijaya - Rabu, 6 Desember 2017 | 15:31 WIB
Perbandingan pajak kendaraan bermotor (PKB) Xpander (atas) dan Avanza
IG @william.hardjanto
Perbandingan pajak kendaraan bermotor (PKB) Xpander (atas) dan Avanza

Otomania.com - Di Instagram beredar sebuah capture mengenai perbedaan pajak Tahunan antara Mitsubishi Xpander AT dan Toyota Avanza 1.3 G AT milik akun @william.hardjanto.

Foto capture tersebut jelas tertulis perbedaan isi silindernya. Mitsubishi Xpander 1.499 cc/pembulatan menjadi 1.500 cc dan Toyota Avanza 1.329 cc.

Menjadi ramai karena nominal pajak Xpander yang notabene 1.500 cc justru lebih murah ketimbang Avanza yang menggendong mesin 1.300 cc.

Terlihat dari foto STNK Xpander vs Avanza di Instagram, pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Mitsubishi Xpander Ultimate AT Rp 3.213.000. Toyota Avanza memiliki Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Rp 3.507.000 lebih mahal Rp 300.000.

(BACA JUGA: Kenaikan Harga Mitsubishi Xpander Belum Putus)

Umumnya jika sebuah kendaraan memiliki kapasitas mesin besar pastinya pajak Tahunan juga ikut besar. faktor apa yang menjadikan Xpander lebih murah?

Pajak Xpander Lebih Murah
website DKI Jakarta
Pajak Xpander Lebih Murah

(BACA JUGA: Modal Nomor Telepon Bisa Buat Servis Motor, Dapat Hadiah Pula)

Setelah ditelusuri dari website badan pajak dan retribusi daerah Pemerintah DKI Jakarta, besaran nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) Xpander AT tercatat Rp 153.000.000 jauh lebih murah dari Toyota Avanza sebesar Rp 167.000.000.

Kesimpulannya, perbedaan disebabkan oleh besaran Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) bukan kapasitas mesin antar keduanya. Dengan kata lain perhitungannya berdasarkan hasil perkalian dari dua unsur nilai jual serta bobot. Atau harga off the road(OTR) yang diajukan dari APM (Agen Pemegang Merek).

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa