Nasib Suzuki Swift Setelah Baleno Hatchback Lahir

Aditya Maulana - Selasa, 8 Agustus 2017 | 08:05 WIB
Suzuki Baleno Hatchback
Aditya Maulana - Otomania
Suzuki Baleno Hatchback

Jakarta, Otomania.com - Suzuki Indomobil Sales (SIS) kini punya dua model di segmen hatchback, yakni Swift dan Baleno. Nama terakhir akan diluncurkan pada 10 Agustus 2017 di pameran otomotif bertaraf internasional di ICE, BSD, Tangerang.

Secara tampilan, harga, hingga target pasar, antara Swift dan Baleno hatchback memang berbeda. Tetapi, nanti bagaimana nasib Swift yang memang sudah cukup lama menjadi jagoan Suzuki di kelas hatchback untuk bersaing dengan kompetitor, seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda2, Kia Rio, hingga Hyundai i20?

Menurut Harold Donel, Head of Research and Brand Development 4W PT SIS, sampai sekarang Swift masih dijual, ke depan juga tetap dihadirkan buat masyarakat Indonesia. Tetapi, kapan model terbaru meluncur, Harold belum bisa dipastikan waktunya.

"Kita masih mencari titik optimum penjualan Swift, sekarang kalau tidak salah sekitar 3-5 persen dari segmen hatchback," kata Harold di kawasan Bogor, Jawa Barat, pekan lalu.

Harold menjelaskan, konsumen Swift lebih cocok untuk kaum pria, sedangkan Baleno bisa mengakomodir kebutuhan para wanita. Sehingga, ke depan Suzuki masih terus menjual kedua model itu di pasar otomotif nasional.

"Jadi kami tidak ada niat untuk menghentikan penjulan Swift dan menggantinya dengan Baleno hatchback. Pasar kedua model itu berbeda, jadi tidak masalah kalau kita hadirkan dua-duanya," ujar Harold.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X