Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rem Macet? Ini Dia Biang Keladinya

Febri Ardani Saragih - Kamis, 29 Juni 2017 | 11:35 WIB
Sistem pengereman cakram.
tinypic.com
Sistem pengereman cakram.

Jakarta, Otomania.com – Karat pada cakram rem itu sudah biasa, nanti juga hilang dengan sendirinya saat mobil dikendarai. Namun yang bahaya itu karat pada bagian kaliper rem, bisa mengganggu fungsi pengereman.

Kaliper rem terdiri dari banyak bagian, paling penting yaitu piston yang menekan kampas rem sampai menjepit cakram. Bagian yang bergerak mekanis itu tertutup rapat dan dilindungi sil. Jika sil rusak alias bocor, dari situlah cerita karat dimulai.

Kerusakan sil bisa karena usia pakai atau terbentur sampai sobek. Dari celah sobekan itulah air masuk, lalu karena proses alami menghasilkan karat. Material keras karat sanggup bikin gerakan piston macet hingga daya jepit kampas berkurang.

Tampilan detail kaliper rem.
akebonobrakes.com.au
Tampilan detail kaliper rem.

“Ini biasanya, kalau sil sudah sobek, dan mobil sering terjang banjir atau genangan air. Air itu sumber karat,” kata Eko Budi, Technical Leader Auto2000 Cikarang, di Posko Mudik Toyota di Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (28/6/2017).

Kondisi rem macet berbeda dengan rem blong. Buat mengantisipasinya, tentu saja pemilik mobil wajib rutin mengecek kondisi pengereman. 

Baca: Apa Artinya Rem Blong?

Baca: Sudah Kenal Bagian yang Bikin Rem Enteng Saat Diinjak?

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa