ABS Tak Bisa Membantu saat Rem Blong

Setyo Adi Nugroho - Senin, 24 April 2017 | 08:35 WIB
Pengujian pengereman otomatis oleh Auto Motor und Sport pada Volvo V60.
Youtube
Pengujian pengereman otomatis oleh Auto Motor und Sport pada Volvo V60.

Jakarta, Otomania.com – Permasalahan rem blong belakangan menjadi perbincangan. Kejadian yang melibatkan 13 kendaraan di Puncak akhir pekan lalu membuat perhatian pada permasalahan sistem pengereman masing-masing kendaraan.

Khusus mobil penumpang, banyak yang bertanya bagaimana dengan pengereman yang memiliki beragam fitur canggih seperti ABS atau EBD? Apakah masalah dapat terjadi meski ada fitur dalam pengereman tersebut?

“Fitur pengereman seperti ABS tidak berpengaruh banyak bila rem bermasalah. Namun bila ABS bermasalah, rem akan bekerja seperti rem biasa yang tanpa menggunakan ABS,” ucap Iwan Abdurahman General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM), saat dihubungi, Minggu (23/4/2017).

Reaksi senada diungkapkan Agit Prasetya, Mekanik Datsun, bahwa fitur ABS akan mudah dideteksi bila ada masalah. Tandanya dapat dilihat dalam tampilan speedometer yang memiliki indikator ABS.

“Kalau menyala terus saat kondisi mesin hidup atau berjalan artinya ada masalah dalam sistem ABS. Tapi rem masih bisa berfungsi,” ucap Agit di waktu yang sama.

Permasalahan pada sistem pengereman bisa terjadi misalnya karena sil master rem serta sistem hidrolik tidak bekerja dengan baik. Atau permasalahan lain seperti kampas rem benar-benar habis.

“Fitur seperti ABS di sini berfungsi sebagai pengaman tambahan saat proses pengereman di kondisi tertentu seperti jalan basah. Jika rem konvesionalnya yang bermasalah, fitur ini juga tidak dapat bekerja,” ucap Agit.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa