Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cegah Masalah Rem Mobil Sebelum Blong

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 26 April 2017 | 09:05 WIB
Rem mobil matik
Stanly/Otomania
Rem mobil matik

Jakarta, Otomania.comSistem pengereman punya peran sangat penting untuk keselamatan berkendara. Tanpa rem, mobil tidak dapat mengurangi kecepatan dan membuat kecelakaan yang merugikan di jalan raya.

Untuk itu perawatan terhadap komponen rem pada mobil perlu dilakukan secara berkala. Ini untuk menghindari terjadi masalah saat akan digunakan selama perjalanan.

“Perawatan sistem rem berkala dilakukan dengan membawa mobil ke bengkel untuk service rutin. Ada beberapa yang perlu diperhatikan,” ucap Agit Prasetya, mekanik Nissan Datsun beberapa waktu lalu.

Menurut Agit, komponen utama pengereman adalah pedal rem, booster rem, selang vakum booster rem, master silinder atas, selang pipa, master silinder bawah, kampas rem, minyak rem, rotor disc dan tromol. Semuanya wajib diperiksa berkala dan harus dalam kondisi baik untuk menghindari masalah.

Pemilik mobil dapat melakukan pencegahan masalah sejak dini. Caranya dengan melihat di tempat penampungan minyak rem di dalam kap mesin.

“Apakah tinggi minyak ada di posisi yang seharusnya, yakni di “level max”. Jika berada di bawah atau mendekati kondisi minimum sebaiknya ditambahkan,” ucap Agit.

Pemilik juga dapat merasakan potensi masalah dengan menekan pedal rem saat mesin dihidupkan. Jika pedal terasa dalam dan saat melakukan pengecekan minyak rem dalam posisi kurang, kemungkingan ada kebocoran di sistem rem, terutama di bagian selang atau master silinder.

“Masalah juga bisa dirasakan bila ada bunyi saat rem bekerja. Kemungkinan dari kampas rem yang mulai menipis. Segera bawa ke bengkel untuk penggantian komponen, jangan ditunda karena bisa berakibat fatal,” ucap Agit.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa