Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Apa Saja yang Ada di Ambulans Motor?

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 6 Juni 2017 | 17:05 WIB
Ambulans roda dua dipersiapkan untuk mudik mendatang
Kemenkes
Ambulans roda dua dipersiapkan untuk mudik mendatang

Jakarta, Otomania.com – Mudik sebagai peristiwa tahunan selalu menghadirkan beragam masalah. Pada musim mudik tahun lalu, peristiwa macet parah di pintu keluar Brebes atau yang dikenal Brexit sampai menimbulkan korban jiwa.

Berkaca dari peristiwa tersebut, dibutuhkan solusi untuk merespon cepat dalam kondisi darurat. Untuk itu disiapkan unit ambulans sepeda motor atau ambulans roda dua.

Konsep ambulans motor ini sebenarnya bukan konsep yang benar-benar baru. Beberapa tahun belakangan Kementrian Kesehatan sudah mengembangkan konsep ini, namun digalakkan dengan intens setahun belakangan belajar dari kasus Brexit dan kemacetan lainnya.

Dari gambar-gambar yang diterima Otomania, ambulans roda dua hadir layaknya motor modifikasi dengan beragam fungsi. Motor-motor tersebut dilengkapi lampu rotary, sirene dan box carrier.

Ambulans roda dua dipersiapkan untuk mudik mendatang
Kemenkes
Ambulans roda dua dipersiapkan untuk mudik mendatang

Ambulans motor berfungsi sebagai pertolongan pertama saat kondisi darurat. Untuk itu box tersebut membawa alat pemeriksaan seperti tabung oksigen dan regulator, tensimeter, thermometer, alat pembidaian untuk patah tulang, senter dan disertai obat-obatan untuk darurat.

Jenis motornya pun beragam, mulai dari skutik, bebek dan motor sport. Jenis ini disesuaikan dengan kondisi jalan dan lingkungan ambulans motor akan banyak beroperasi. Misal di Aceh, ambulans motor hadir dengan model motor petualang.

Ambulans motor ini dapat diakses melalui nomor darurat 119. Nomor ini dapat diakses dimanapun berada untuk mendapatkan layanan medis saat terjadi kondisi darurat.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa