Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wuling Fokus Tantang Avanza, Xenia, Ertiga dan Mobilio

Aditya Maulana - Rabu, 24 Mei 2017 | 08:05 WIB
Wuling Confero S.
Ghulam/KompasOtomotif
Wuling Confero S.

Jakarta, Otomania.com - Wuling Motors menganggap Indonesia merupakan pasar otomotif terbesar di ASEAN. Oleh sebab itu, merek asal China itu berani mengucurkan investasi 700 juta dollar Amerika Serikat (AS) untuk membangun pabrik perakitan di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Sebelum memutuskan untuk mendirikan pabrik, Wuling sudah melakukan survei di pasar otomotif nasional. Hasilnya, sesuai dengan fakta di lapangan bahwa segmen yang paling besar, yaitu kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV).

Alhasil, model pertama yang di pasarkan di Indonesia berada di kelas low multi purpose vehicle/LMPV alias kendaraan multi guna bawah. Pemain disegmen itu cukup banyak, dan persaingannya begitu ketat, karena didomonasi merek Jepang.

Pemimpin pasarnya, Toyota Avanza, selanjutnya Honda Mobilio, diikuti Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga. Selain Wuling melalui produknya Confero S, satu merek lagi, yaitu Mitsubishi siap meramaikan persaingan.

Meski kondisinya seperti itu, dijelaskan Cai Yanan, Vice President Wuling Motors, perusahaan tetap fokus bermain di segmen MPV. Bahkan, ke depan dipastikan lebih dari satu model.

"Fokus kita di pasar MPV dulu, belum memikirkan untuk bermain disegmen yang lainnya," kata Cai Yan di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Senin (22/5/2017).

Masuk ke segmen lain, lanjut wanita asal China itu butuh penyesuaian lagi, sehingga masih membutuhkan waktu cukup panjang. Namun, kelas MPV sudah diperhitungkan sebelum Wuling memutuskan berinvestasi di Indonesia.

"Sebagai tahap awal kita bermain di LMPV dengan Confero S. Model itu akan kita luncurkan pada kuartal ketiga tahun ini," kata dia.

Simak video review-nya di bawah ini:

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa