Gejala Awal Kaki-kaki Mobil Bermasalah

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 24 Maret 2017 | 09:35 WIB
Ilustrasi suspensi mobil
lowvolumevehicle.co.nz
Ilustrasi suspensi mobil

Jakarta, Otomania.com – Beragam kondisi jalan membuat bagian kaki-kaki mobil rentan mendapat masalah. Terlebih bila sering menghajar lubang atau jalanan rusak, membuat komponen kaki-kaki kendaraan perlu mendapatkan perhatian.

Menurut Agit Prasetya, Kepala Mekanik diler Nissan Datsun Pettarani Makassar, komponen yang perlu diperiksa bila kendaraan sering menghajar lubang tidak hanya satu namun bisa beberapa.

“Komponen yang rusak bisa berupa lower arm, sokbreker, connecting rod dan bushing stabilizer. Paling parah bisa kena komponen crossmember,” ucap Agit saat ditemui pada rangkaian kegiatan Datsun Risers Expedition (DRE) 2, Rabu (22/3/2017).

Pengemudi dapat merasakan tanda-tanda awal kerusakan pada bagian kaki-kaki. Untuk komponen lower arm, saat menginjak rem akan terasa menyentak atau ketika berjalan di permukaan yang tidak rata ada bunyi kasar.

Gejala di atas hampir mirip dengan masalah pada komponen bushing stabilizer. Perbedaannya hanya ketika pengereman tidak menimbulkan bunyi yang kasar.

Khusus crossmember, gejala terasa saat kendaraan melintasi polisi tidur atau hambatan jalan. Dari arah bawah kendaraan terdengar ada bunyi jatuh yang cukup keras.

“Jika mendengar suara dari arah kaki sebaiknya segera bawa kendaraan ke bengkel untuk diperiksa. Ini untuk melihat kondisi karet-karet yang terdapat pada komponen kaki-kaki tersebut,” ucap Agit.

Agit mengungkapkan sangat sedikit cara yang bisa dilakukan pengemudi untuk mengatasi masalah pada kaki-kaki dalam perjalanan.

”Tindakan sementara kalau ada masalah pada lower arm, pengemudi bisa mengikat sementara komponen tersebut. Tapi itu juga tidak bisa lama, harus segera bawa ke bengkel,” ucap Agit.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X