Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Mudah Bersihkan Tangki Sepeda Motor

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 8 Maret 2017 | 18:26 WIB
Tangki bahan bakar Yamaha R25 Pakai “Kondom”.
Febri Ardani
Tangki bahan bakar Yamaha R25 Pakai “Kondom”.

Jakarta, Otomania.com – Permasalahan pada tangki bahan bakar sepeda motor sport timbul karena kurangnya perawatan oleh pemilik motor. Padahal tangki motor perlu dirawat dengan cara dibersihkan secara berkala.

“Harusnya setiap tiga atau empat bulan sekali. Paling lama enam bulan. Ini untuk membiarkan kotoran yang berpotensi membuat tangki keropos lalu bocor, bisa keluar dari tangki,” ucap ucap Hadi Sumarwan atau Wawan, dari bengkel tangki Wawan, Jalan Kebun Jeruk III, Jakarta Pusat saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurut Wawan yang sudah berpengalaman 28 tahun dalam urusan perbaikan tangki, sebenarnya pembersihan tangki cukup mudah. Pertama sediakan waktu satu hari karena proses pembersihan tangki membutuhkan waktu lama.

Sebaiknya tidak mengisi bensin sebelum membersihkan tangki, karena bensin harus dikeluarkan untuk membersihkan kotoran. Setelah tangki kosong bersihkan pakai sabun deterjen lalu bilas dengan air hingga bersih.

“Mau lebih bersih lagi bisa ditambah menggunakan besi magnet untuk menarik kerak dari dalam tangki,” ucap Wawan.

Setelah pembilasan dengan air, keringkan dengan cara didiamkan seharian. Setelah kering, bilas beberapa kali tangki dengan bensin untuk menghilangkan sisa-sisa bahan pembersih.

Kalau pemilik kerepotan, tinggal bawa saja ke bengkel. Siapkan dana Rp 100.000 sampai Rp 150.000 untuk layanan pembersihan ini.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa