Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingat Lagi, Cara Tepat Genggam Setang Motor

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 8 Maret 2017 | 10:05 WIB
Posisi tangan yang benar pada setang sepda motor.
Posisi tangan yang benar pada setang sepda motor.

Jakarta, Otomania.com – Pengguna sepeda motor di Indonesia sudah tidak terhitung banyaknya. Namun fenomena kesalahan pengguna sepeda motor dalam mengendarai kendaraannya masih sering ditemui.

Terbaru adalah mengendarai motor dengan cara menggenggam terbalik. Fenomena ini banyak ditemui oleh pengendara wanita yang beralasan takut kulit tangannya terkena sengatan panas matahari.

Menurut Muhammad Yunus, praktisi keselamatan berkendara dan juga penggemar balap serta turing, pegangan tangan pada setang atau kemudi motor membantu untuk bereaksi saat keadaan tertentu.

“Tangan harus kuat untuk mengontrol setang. Kalau di genggam terbalik tidak punya kekuatan terlebih saat ada kondisi darurat yang membutuhkan reaksi. Hal terburuk pengendara kecelakaan,” ucap Yunus saat dihubungi Senin, (7/3/2017).

Cara menggenggam kemudi yang salah
Facebook Moko Al Juasof
Cara menggenggam kemudi yang salah

Lantas bagaimana cara yang benar? Menurut Yunus posisi terbaik untuk memegang setang atau kemudi adalah dengan menggenggam penuh tuas kiri dan kanan setang.

“Ini agar ada kekuatan untuk mengendalikan kemudi. Mau belok ke kiri atau ke kanan dengan genggaman tangan penuh akan lebih mudah,” ungkap Yunus.

Selain itu jangan membiasakan meletakkan jari pada tuas rem atau tuas kopling. Ini akan menghindari kebiasaan melakukan pengereman yang tidak perlu. Letakkan jari pada tuas rem ketika memang melakukan pengereman setelah itu tangan menggenggam penuh kemudi.

Cara ini juga dilakukan pebalap di lintasan balap atau MotoGP. Ini untuk berkonsentrasi dalam melakukan pengendalian sepeda motor dengan lebih mudah.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa