Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Penyebab Kopling Mobil Bau Hangus

Aditya Maulana - Selasa, 7 Maret 2017 | 16:09 WIB
satu set perangkat kopling yang sudah mengalami kerusakan.
Ghulam/Otomania
satu set perangkat kopling yang sudah mengalami kerusakan.

Jakarta, Otomania.com - Khusus mobil dengan transmisi manual, peran kopling sangat penting. Sebab, untuk pindah dari transmisi satu dan seterusnya, pengemudi harus menginjak kopling tersebut.

Namun, jika cara menginjaknya tidak benar maka akan timbul masalah. Salah satunya menyebabkan bau kopling seperti hangus terbakar, dan kebanyakan terjadi ketika jalan macet atau menanjak.

"Pengemudinya sering menginjak setengah kopling di kondisi jalan macet atau jalan menanjak," kata Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) kepada Otomania.com belum lama ini.

Cara seperti itu, kata Iwan selain dapat menjadikan kopling terbakar dan menimbulkan bau kurang sedap, bisa juga membuat kampas kopling menjadi cepat habis.

"Karena pelat kopling bersentuhan dengan pressure plate. Digesek dalam kecepatan tinggi, semakin gosong kampas koplingnya dan bisa cepat habis," ujar Iwan.

Menurut Iwan, cara menginjak pedal kopling saat jalanan macet atau menanjak, gampang-gampang susah. Cara paling bijak dengan memanfaatkan rem tangan atau rem parkir. Jangan memaksakan setengah kopling di kondisi macet dengan kontur jalan menanjak.

"Jika dilepas terlalu cepat mesin akan mati, akhirnya setengah kopling yang diinjak oleh pengemudi, tetapi hasilnya ya seperti itu, timbul bau kopling seperti terbakar," kata dia.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa