Jangan Biarkan Kampas Rem Motor Habis

Aditya Maulana - Minggu, 23 Oktober 2016 | 14:02 WIB

Jakarta, Otomania - Fungsi dari perangkat Anti-lock Braking System (ABS) pada sepeda motor, yaitu mencegah roda mengunci saat pengereman. Sehingga, bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Namun, masih banyak yang belum tahu kalau kampas rem sudah tipis atau bahkan habis bisa merusak sistem kerja ABS atau tidak?

Muhammad Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan, jika kampas rem habis pastinya akan berpengaruh pada fungsi pengereman. Kerjanya menjadi tidak maksimal.

"Bahkan beberapa komponen akan mengalami kerusakan jika terus dipergunakan, baik motor yang ABS ataupun non ABS," ujar Abidin kepada Otomania melalui pesan singkat, Jumat (21/10/2016).

Abidin melanjutkan, untuk sistem ABS-nya itu sendiri tidak akan mengalami kerusakan. Tetapi, pengaruhnya lebih kepada fungsi dari pengereman motor tersebut.

Namun, disarankan kalau kampas rem sudah mulai habis segera diganti dengan yang baru. Tujuannya, agar pengereman tetap berjalan dengan normal.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa