Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ciri Kampas Rem Mobil yang Sudah Minta Ganti

Aditya Maulana - Sabtu, 19 November 2016 | 09:15 WIB

Jakarta, Otomania - Salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor, yaitu rem. Sebab, secara fungsi dapat memperlambat hingga membuat laju sepeda motor atau mobil menjadi berhenti.

Oleh karena itu, kondisi rem wajib prima. Jika tidak, bisa membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Jadi, wajib sering diperiksa.

Menurut Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM), sebaiknya pengguna mobil selalu mengecek setiap 10.000 km.

"Dari situ kita bisa lihat ketebalan pad-nya. Kalau sudah 1 mm dari grove, berarti sudah waktunya diganti," ujar Anjar kepada Otomania, Jumat (18/11/2016) sore.

Anjar melanjutkan, namun balik lagi kepada bagaimana cara atau gaya mengemudi. Sebab, tebal dan tipisnya kampas rem berkat pola atau habit berkendaranya.

"Mobil matik biasanya memang lebih cepat habis, karena biasanya intensitas penggunaan remnya lebih banyak," kata Anjar.

Namun, lanjut Anjar, pergantian normal mobil matik setiap 20.000-30.000 km, sedangkan manual 40.000-50.000 km. Tetapi bisa juga di bawah itu, karena tergantung dari cara berkendara.

"Ada yang cara berkendarannya agresif, gas, rem, gas rem. Tetapi ada juga yang lembut, jadi semuanya tergantung masing-masing pemilik mobil," ucap dia.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa