Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aksesori Motor Berbahaya Seperti Pembodohan Masyarakat

Febri Ardani Saragih - Senin, 6 Maret 2017 | 18:45 WIB
Sarung tangan model tempel yang banyak digunakan wanita
bukalapak.com
Sarung tangan model tempel yang banyak digunakan wanita

Jakarta, Otomania.com – Pasang aksesori biar motor beda tampilan memang menyenangkan, namun biker yang bijak seharusnya jangan pilih yang “aneh-aneh”. Acuannya cuma satu, yaitu keselamatan berkendara buat diri sendiri dan orang lain.

Di pasaran ada banyak aksesori “nyeleneh” dan tidak disarankan untuk dipakai. Misalnya, ban cacing untuk harian, sarung tangan model tempel, strobo, sampai yang tergolong ekstrem seperti dudukan untuk payung.

Masalahnya, aksesori berbahaya banyak penjualnya dan ternyata peminatnya juga ramai. Menurut Jusri Pulubuhu Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), ini seperti pembodohan untuk masyarakat.

“Saya enggak begitu mengerti, mana yang duluan. Ini seperti ‘telur dan ayam”, pengusaha yang menawarkan atau konsumen yang meminta. Tapi harusnya dalam hal ini ada upaya penegakan hukum untuk pembodohan seperti ini,” kata Jusri.

Produk ban cacing milik IRC Tire Indonesia, dengan nama Speed King.
Ghulam/Otomania
Produk ban cacing milik IRC Tire Indonesia, dengan nama Speed King.
Dia mengatakan pengawasan peredaran aksesori yang dianggap membahayakan lemah. Seharusnya ada suatu institusi pengawas yang melakukan pekerjaan seperti itu untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas.

Payung sepeda motor asal Cina.
Ghulam/Otomania
Payung sepeda motor asal Cina.

Buat biker disarankan bijak memilih aksesori motor. Jusri mengingatkan dalam setahun ada sekitar 30.000 kasus kecelakaan yang tercatat di Indonesia, sebagian besar melibatkan motor. Jadi, jangan sampai gara-gara pakai aksesori berbahaya bikin kita jadi salah satunya. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa