Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilih Mana, Dengar Lagu Pakai Bluetooth atau Kabel AUX?

Febri Ardani Saragih - Selasa, 31 Januari 2017 | 08:25 WIB
Head unit layar sentuh
Stanly/Otomania
Head unit layar sentuh

Jakarta, Otomania – Ada dua cara yang sering dipakai menghubungkan ponsel dengan head unit buat memutar lagu, yaitu via Bluetooth atau kabel AUX (auxiliary). Lantas  mana yang lebih bagus?

Menurut Eddy dari Vivre Car Audio, keduanya punya kualitas yang serupa. Namun penggunaannya disarankan disesuaikan dengan kebutuhan.

Kabel AUX
Febri Ardani/Otomania
Kabel AUX
Kabel AUX merupakan jenis koneksi tradisional. Kabel yang biasanya berukuran 3,5 mm ini sangat bisa diandalkan sebab koneksinya langsung jadi minim gangguan. Kabel AUX juga bisa jadi solusi jika head unit belum memiliki Bluetooth.

Kekurangannya, jarak ponsel dengan head unit tergantung panjang kabel. Kabel AUX bukan produk bawaan ponsel jadi harus dibeli terpisah. Harganya bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jenis material logam kabel AUX memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan speaker.  

Koneksi Bluetooth yang paling populer digunakan sekarang ini, alasannya tentu saja karena lebih praktis tanpa kabel. Kecepatan transfer datanya juga bisa mencapai 24 Mbps hingga tidak mengganggu putaran lagu.

Koneksi ponsel ke headunit Suzuki Ciaz.
Febri Ardani/KompasOtomotif
Koneksi ponsel ke headunit Suzuki Ciaz.
Bluetooth sudah jadi fitur bawaan ponsel modern, jadi tidak perlu lagi beli perangkat tambahan. Kelebihan lain, koneksi Bluetooth tidak terbatas hanya mendengarkan lagu tetapi juga bisa mengakses hal lain pada ponsel, misalnya daftar telepon dan memudahkan menjawab panggilan telepon.

“Keduanya sama saja kalau soal kualitas suara, justru Bluetooth itu kan biar enggak ribet. Kalau mau dengar kualitas suara paling bagus yang jangan pakai keduanya tapi dengar dari CD asli. Di satu sisi, kabel AUX lebih bagus, terkadang jaringan Bluetooth juga bisa tergganggu,” papar Eddy, pekan lalu.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa