Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hati-hati Mengganti "Head Unit" Produk "Aftermarket”

Donny Apriliananda - Rabu, 16 Maret 2016 | 17:27 WIB

Jakarta, Otomania — Peranti pemanja telinga adalah salah satu syarat mutlak pengobat bosan di perjalanan. Inilah komponen yang menjadi target utama untuk diperbaiki para pemilik mobil, yang biasanya dimulai dari head unit (HU).

Bernard Maniagi, pemilik Abadi Jaya Audio, toko khusus audio mobil di Sentra Otomotif Pasar Inpres Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (16/3/2016), mengatakan, mengganti HU seharusnya dilakukan agar membuatnya ”semakin pintar”, bukan karena alasan memperbaiki kualitas audio.

”Kalau kualitas audio, penyebabnya banyak, enggak cuma head unit. Bisa dari kualitas speaker, kabel, atau penataan. Yang benar, ganti head unit agar lebih canggih. Misalnya, bisa touch screen, bisa dicolok via USB, atau ada sensor gestur,” kata Bernard.

Kendati demikian, penggantian HU tak bisa asal. Banyak mobil yang sistem audionya terintegrasi dengan komponen komputer canggih. Dikhawatirkan, saat perangkat dicopot dan mengganggu sistem kelistrikan, garansi produsen akan gugur.

Bernard mengatakan, mobil-mobil canggih Eropa cukup sulit ”dioprek”. Itu bisa, tetapi harus hati-hati karena banyak sistem yang terhubung dan rawan korsleting. Saran terbaik untuk mobil seperti ini, cukup ganti speaker dan instalasinya.

Bagaimana dengan mobi-mobil Jepang? Meski head unit-nya terintegrasi dengan dashboard, bagian itu pada umumnya bisa dilepas dan ada produk aftermarket-nya. Penggantiannya tidak serumit mobil Eropa.

”Misalnya, kabel-kabel yang mudah diurutkan dan kebanyakan plug and play. Sistem pengoperasian audio lewat tombol pada setir tidak terganggu, dan tampilan pada MID tidak terpengaruh,” kata Bernard.

Saat mengganti HU, alangkah baiknya jika produk yang dipakai berspesifikasi original equipment manufacturer (OEM) alias kompatibel atau berukuran sama.

”Kalau bisa, pilih yang fitur konektivitas output-nya memiliki RCA untuk front, rear, dan subwoofer. Kalau suatu saat ingin meningkatkan kualitas suara lebih baik, tidak perlu lagi mengganti HU. Minimal punya 2 RCA output dan fitur equalizer,” urai Bernard.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa