Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Rasanya Bekerja di Tim Balap F1

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 22 Januari 2017 | 13:01 WIB
Suasana kantor Toro Rosso
Istimewa
Suasana kantor Toro Rosso

Jakarta, Otomania – Bekerja di dunia balap, terlebih Formula 1, menjadi impian banyak orang. Salah satu pemuda Indonesia, Stephanus Widjanarko, cukup beruntung merasakan pengalaman ini.

Sejak 2013 hingga sekarang, Stephanus menjadi aerodynamicist di tim Scuderia Toro Rosso. Bekerja di dunia yang jarang dinikmati orang Indonesia ini dirasakan cukup menantang oleh Stephanus.

Ketika dirinya masuk pertama kali balapan musim 2013 telah berjalan. Tugas pertamanya sebagai junior CFD Aerodinamic ketika itu adalah mempersiapkan mobil untuk balapan di Barcelona.

“Saat itu balapan sudah mulai, saya ditugaskan mulai bekerja untuk balapan di Barcelona. Di tim seperti Toro Rosso, development car berjalan bersama saat musim balapan berjalan. Di sisi lain ada tim yang juga mempersiapkan mobil konsep,” ucap Tephie, panggilan Stephanus saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Untuk satu musim biasanya tim kecil mempersiapkan dana 70 juta sampai 80 juta dollar AS untuk pengembangan aero mobil. Tim besar bahkan bisa 500 juta dollar AS, sedangkan tim menengah seperti Toro Rosso sekitar 140 juta sampai 150 juta dollar AS.

Suasana kantor Toro Rosso
Istimewa
Suasana kantor Toro Rosso

Tugasnya di tim pengembangan biasanya dimulai setelah regulasi musim kompetisi tahun depan diumumkan oleh FIA. Pada akhir musim balap sampai Februari sebelum musim balapan selanjutnya dimulai adalah saat-saat paling sibuk di tim aerodinamika.

Tephie juga bercerita, proses pembuatan paket aero mobil dilakukan setelah berkonsultasi dengan tim desain mobil keseluruhan. Di bagian ini biasanya masing-masing divisi saling ngotot mempertahankan desainnya.

“Jadi kalau kami di aero semakin desainnya kecil, semakin suka. Jadi dibuang-buang saja. Tapi biasanya diprotes sama tim desain office. Dibuat lagi, lakukan percobaan lagi,” ucap Tephie.

Pengembangan aerodinamika tim Scuderia Toro Rosso
Istimewa
Pengembangan aerodinamika tim Scuderia Toro Rosso

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa