Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengapa Suzuki Ertiga Diesel Hibrida Berstatus Impor?

Febri Ardani Saragih - Sabtu, 21 Januari 2017 | 16:02 WIB
Tampilan belakang Suzuki Ertiga diesel hibrida
otomania
Tampilan belakang Suzuki Ertiga diesel hibrida

Jakarta, Otomania – Beda seperti Ertiga bensin yang diproduksi lokal, Suzuki Indomobil Sales (SIS) memutuskan mengimpor utuh Ertiga diesel dari India. Strategi ini ternyata berkaitan dengan efisiensi produksi seperti diterangkan 4W Marketing Director SIS Donny Saputra.

“Ini masalah skala produksi. Sederhananya memang mobilnya sama, tapi pada saat mesin beda kita juga jadi bikin platform-nya beda. Jadi kalau kami bikin di sini investasinya dari awal,” ucap Donny, Jumat (20/1/2017).

Ertiga diesel yang akan meluncur bulan depan dilengkapi dengan mesin DDiS 1.248cc berspesifikasi 4-silinder, common rail, injeksi langsung, DOHC, dan turbocharged. Varian yang diposisikan di bawah Ertiga Dreza di Indonesia ini juga dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Spy Shot Suzuki Ertiga Diesel Hibrida
otomania
Spy Shot Suzuki Ertiga Diesel Hibrida
Cara kerja mesin diesel SHVS itu beda ketimbang bensin. Poin khususnya, punya Integrated Starter Generator (ISG) sebagai pengganti fungsi alternator konvensional. ISG bertugas menghimpun energi yang terbuang dari pengereman.

Pada versi Indonesia, energi itu disimpan di aki ukuran 80 ampere sedangkan di India, Ertiga diesel SHVS menggunakan baterai lithium-ion. Energi dari aki digunakan buat membantu akselerasi, terutama saat putaran mesin bawah saat turbo belum bekerja.

Ertiga bensin diproduksi di pabrik Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, mulai 2015 setelah dipindahkan dari fasilitas lama di Tambun. Pabrik itu juga memproduksi Proton Ertiga dan produk rebadge Mazda VX-1.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa