Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Caranya Bedakan Pelek Mobil Asli dan Replika

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 12 Januari 2017 | 13:35 WIB

Jakarta, Otomania – Penggantian pelek biasanya menjadi ubahan yang wajib dilakukan pemilik mobil bila ingin mengubah tampilan mobil kesayangannya. Ubahan pelek bawaan pabrikan dengan pelek aftermarket membuat mobil nampak lebih gagah, sporty dan tidak biasa.

Beragam model pelek dengan berbagai merek, serta ukuran saat ini memudahkan pemilik mobil untuk memodifikasi kendaraannya. Di pasaran sendiri, pelek dibagi antara pelek original dan juga replika. Bagaimana cara membedakannya?

Menurut Yohanes Hanifa dari JB Autofashion, Pasar Otomotif Kemayoran, cara membedakan pelek replika dengan original terbilang sulit. Namun paling mudah bisa dilihat dari harga yang dibanderol.

“Harga itu untuk original cukup mahal. Bisa empat kali pelek replika. Misal pelek replika 14 inci Rp 5 jutaan, pelek asli sekitar Rp 20 jutaan,” ucap Yohanes saat ditemui beberapa waktu lalu.

Jika harga belum cukup untuk meyakinkan membedakan pelek tersebut original atau replika, cara lain yang digunakan adalah ciri fisik. Biasanya dari desain pelek original lebih agresif, lebar ukurannya, juga secara spesifikasi lebih berani menawarkan ukuran-ukuran yang jarang di pasaran.

“Ini karena pelek original bisa dipesan secara khusus sesuai pesanan. Kalau replika biasanya cenderung lebih sopan, biasa,” ucap Yohanes.

Ciri lain adalah bobot. Pelek asli biasaya memiliki berat yang lebih ringan jika dibanding pelek replika dengan ukuran yang sama. Misal ukuran 17 inci replika 10 kilogram, pelek original sekira enam kilogram.

“Tapi untuk pelek 20 inci, berat antara replika dan original hampir mirip. Ini kenapa perlu membiasakan diri untuk membedakan pelek original dan replika,” ucap Yohanes.

Saat ini pelek replika memiliki kualitas fisik yang semakin mendekati pelek original. Bagi pemilik kendaraan yang memang ingin menggunakan pelek original, pastikan untuk tidak membeli di sembarang tempat. Pilih penjual yang memiliki reputasi terpercaya dan cek kelengkapan pelek original dengan mencari informasi sebelum membeli.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa